3.1.a.10.2. Jurnal Refleksi - Minggu 19 Modul 3.1. Pengambilan Keputusan sebagai pemimpin pembelajaran
Pengambilan Keputusan sebagai pemimpin pembelajaran
Masih di Modul 3.1. Pengambilan Keputusan sebagai pemimpin
pembelajaran. Minggu ke-19 ini CGP melakukan beberapa aktivitas pembelajaran
meliputi:
1.
Demonstrasi kontekstual
2.
Elaborasi pemahaman
3.
Koneksi Antarmateri
Mulai hari
Senin, 14 Februari sampai dengan Rabu, 16 Februari 2022 adalah jadwal untuk Demonstrasi
kontekstual modul 3.1 pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran. Saya
harus berusaha memenuhi tugas dengan membuat Video rekaman dari Jurnal Monolog
yang sebelumnya saya tuliskan dari lembar demi lembar berupa naskah pemikiran
saya perihal pengambil keputusan sebagai pemimpin pembelajaran. Harapan saya
berupa rencana dan aksi nyata dalam mensosialisasikan dan mempublikasikan
pengetahuan saya kepada warga sekolah maupun komunitas praktik di MGMP. Tentu
saya berharap agar semua warga sekolah diantaranya teman sejawat yang terbiasa
dengan budaya tetap dan budaya senioritas dapat menerima pengetahuan ini
sebagai langkah maju dalam mengambil setiap keputusan yang berdampak baik untuk
semua warga sekolah pada umumnya khususnya dalam mengambil keputusan dari
permasalahan.
Langkah awal
adalah mengimplementasikan mulai dari konsep pengambilan keputusan dengan 9
langkah pengujian pengambilan keputusan. Serta mengenalkan 4 Paradigma dan 3
prinsip dalam pengambilan keputusan. Kemudian berkoordinasi dan meminta izin
kepada kepala sekolah sebagai pimpinan tertinggi di sekolah (meminta waktu
untuk bisa mengadakan sosialisasi terkait praktik baik pengambilan keputusan
sebagai pemimpin pembelajaran). Selanjutnya memaksimalkan peran komunitas
praktisi untuk bergerak bersama memberikan pemahaman terkait pengambilan
keputusan sebagai pemimpin pembelajaran secara tepat dengan mengaplikasikan 9
langkah pengujian dan pengambilan keputusan.
Dari pemahaman
dan pendalaman aktivitas pembelajaran Ruang Kolaborasi Presentasi, Refleksi
terbimbing, Demonstrasi kontekstual, dan Elaborasi pemahaman sejauh ini tidak
ada yang menjadikan kebingungan. Ada keterkaitan antara setiap aktivitas
pembelajaran yang dilakukan dan saling menguatkan satu sama lain sehingga
menambahkan pemahaman dan pedalaman materi modul pengambilan keputusan sebagai
pemimpin pembelajaran. Semangat memberikan perubahan terhadap ekosistem
pendidikan yang berpihak kepada peserta didik.
Pada
minggu ini pula saya masih melanjutkan pembelajaran tentang pengambilan
keputusan. Sesi pembelajaran minggu ini, saya berbagi pemahaman lewat Koneksi Antarmateri. Pada bagian ini, saya berusaha
menemukan keterkaitan antarmateri. Keterkaitan tersebut membuka pemahaman
terkait materi yang ada di dalam modul.
Pembelajaran
utama yang diperoleh adalah semakin terbukanya pemahaman tentang pengambilan
keputusan yang tepat. Semakin terbukanya pemahaman ini merupakan awal kemudahan
dalam mengimplementasikan di sekolah. Selain menyebarluaskan lewat komunitas
praktik juga langsung mengimplementasikan aksi nyata di sekolah. Tahapan yang
dilalui di antaranya, yaitu melakukan analisis keputusan yang telah dibuat oleh
sekolah. Kasus yang diangkat adalah kejadian di sekolah. Setelahnya melakukan
diskusi dengan sejawat dalam komunitas praktisi di sekolah. Hasil diskusi
dijadikan sebagai bahan refleksi perbaikan ke depannya.
Perubahan
nyata yang terjadi pada diri saya adalah meningkatnya pemahaman terkait
pengambilan keputusan. Selain itu, juga kompetensi terkait. Hal ini terlihat
dari tidak ada lagi kendala yang berarti dalam melakukan analisis beberapa
pengambilan keputusan di sekolah. Tidak terkecuali adanya niat untuk berusaha
seoptimal mungkin menerapkan paradigma, prinsip, dan langkah pengambilan dan
pengujian keputusan. Tujuannya agar pada akhirnya keputusan tersebut adalah
yang tepat di antara pilihan benar dengan benar.
Salam
dan Bahagia,
Slamet
Sugianto, S.Pd.
CGP
Angkatan 3 – Jember 2
Komentar
Posting Komentar